Wednesday, April 15, 2015

[Review Buku] Until Murder Do Us Apart

Assalamu'alaykum!

Yoo~ kali ini rada serius dikit deh. Gue mau review buku yang menurut gue keren. Bukan jenis 'keren' yang biasa anak-anak gaul tau, yak. Tapi ini 'keren' versi gue, hehehe...

Mungkin buat sebagian orang, buku ini cenderung berat. Karena isinya tentang misteri, kriminal, dan semacamnya. Tapi jujur, gue adalah salah satu dari sebagian orang yang suka genre kayak gini. Entah kenapa menurut gue genre buku kayak gini tuh anti menstrim banget. Setidaknya gue bisa baca tanpa dispoilerin orang.


“Until Murder Do Us Apart” karangan Yanti Soeparmo ini gue beli di tahun 2007. Darimana gue inget? Ada tanda tangan gue di bukunya. Tepatnya sih 8 Juli 2007. Itu pas gue kelas 1 SMA kalo gak salah. Mungkin jodoh atau apa, gue gak tau. Tapi buku ini terbitan Bandung sebenernya. Penerbit Aditera (Grup Syaamil), Bandung. Tapi seinget gue, gue belinya di Gunung Agung di Arion.

Yah, skip skip lah soal kenapa buku itu bisa nyasar ke Jakarta.
Awal gue baca judulnya, gue pikir ini cerita setan yang jatuh cinta sama manusia. Pret. Ternyata setelah diteliti, ada tulisan kecil setelah judul buku.

“Malam itu, Angie memilih laki-laki pujaan hatinya. Sehari kemudian, dia ditemukan mengapung tak bernyawa....”

Kan serem ya? terus ini gue kira tentang dendam cewek yang suka sama lelaki pilihan si Angie. Eh terus gue baca sinopsisnya..


Kurang menarik apa coba? Jujur saat itu gue tertarik banget buat baca. Dan karena gue tipe orang yang bacanya cepet, gue agak ragu buat beli ini buku. Soalnya..... bukunya kecil.

Iya, bukunya terlalu kecil. Tapi saking gue penasarannya sama ini buku, akhirnya gue beli juga. Dengan harus relain gak jadi beli salah satu buku dari “Trilogi Mawar Merah”nya Luna Torashyngu, akhirnya buku ini gue bawa ke kasir dan selanjutnya gue bawa pulang. Sampe rumah gue langsung baca pastinya.

Bener aja, gak nyampe 2 jam ini buku selesai gue baca. Tapi worth it banget. Ceritanya gak kampungan! Gak pasaran. Banyak banget ilmu yang didapet abis baca buku ini. Tentang gimana susahnya jadi wartawan, apalagi wartawan kriminal. Dan masih banyak banget yang bisa dikorek dari ini buku. Bahkan kalo lo punya rencana buat bikin hotel pun, ini buku bisa jadi referensi. Ciyus.

Untuk aspek-aspek macem font, layout, dll. Gue gak terlalu ngerti yak. Tapi untuk aspek lain, kayak excitement waktu baca, dapet banget. Dari awal alurnya lambat, tapi gak ngebosenin. Soalnya detail banget. Wajar sih, penulisnya mantan wartawati kriminal. Hihihi

Isi buku ini murni tentang gimana si wartawati yg namanya Nuri ini menguak (cielah bahasa lu) misteri kematian Angie. Sering banget Nuri ini kena misleading, persis kayak para pembaca bukunya. Sumpah, misleading di buku ini mantep banget. Dan pas udah menuju klimaks, itu intense banget. Lo mau cinta-cintaan? Ada. Konyol? Ada. Sedih sampe nangis-nangis? Ada juga. Komplit lah!

Buat yang ngaku kutu buku sih wajib banget nyobain buku ber-genre kayak gini. Recomended sih kalo dari gue. Next sih gue mau nyari lagi buku-bukunya Yanti Soeparmo. Oh! Sebelumnya juga gue pernah baca buku dia yang Grasshopper (DAR! Mizan), itu buku sama ngeselinnya. Genre-nya sama, excitement-nya juga. Dan pelaku-nya sama-sama gak terduga.

Hmm.. segitu aja mungkin yang bisa gue tulis. Bukannya ngiklan. Tapi gue emang suka banget buku dengan genre kayak gini. Gatau kenapa. Hahaha

Segitu aja deh, see you next time! Wassalam.
(-L- )

No comments:

Post a Comment

I dare you to write comment. I double dare you!