Thursday, October 6, 2011

Bahasa Pergaulan - CUPU.


Oke, cukup banget yah ngehina gue-nya. Apa-apaan sih ini? Pake nyuruh gue nge-post tentang cupu segala? Zz

Gue tau, gue dulu emang cupu. Tapi ngga usah gini juga dong!

*dicolek* *baru sadar lagi di blog* *jaga image*

Eh. Sori, guys! Itu tadi penggalan sinetron yang barusan gue tonton kok. Haha, take it easy aja..

Sebelumnya,


ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLAHI WA BAROKATUH..

Selamat malam pembaca setia blog gue. Nyiahaha, padahal mah ngga ada nih yang baca kalo malem-malem gini.

Sekarang gue emang bakal ngebahas tentang bahasa pergaulan yang kedua, setelah kemarin kita bahas ‘kepo’. Kenapa yang dipilih ‘cupu’ sih, bukan yang lain aja? Bukan, bukan karena gue dulu ‘cupu’, tapi lebih kepada hal mendasar. Coba deh kalian inget-inget waktu belom punya twitter, pasti pada ngatain kalian ‘cupu’ kan? Padahal kalian bukan seorang geek dengan rambut klimis dan baju rapi lengkap dengan suspender.

Sama halnya dengan kasus ‘kepo’ kemaren, kasus ‘cupu’ ini pun mengalami beberapa kerancuan dalam pemakaian di kalimat-kalimat yang bernada mengejek.

Oke, sekarang gue bahas.

‘cupu’ adalah singkatan dari kata ‘culun punya’. Kenapa disingkat? Mungkin supaya lebih simple. Siapa yang mulai menyingkat? Mana gue tau!

*sabar*

Jadi gini. Orang yang ngga gaul, pasti dibilang “ah, cupu lo!” dan kata-kata menyakitkan lainnya. Karena, jujur aja, gue juga pengalaman jadi anak yang ‘kuper’ jadi gue agak jengah juga dikatain ‘cupu’. Walaupun dulu gue sempet ngira ‘cupu’ itu pelesetan dari kupu-kupu (HAH!?), tapi sekarang gue udah sadar bahwa kupu-kupu itu ngga ‘cupu’ dan ‘cupu’ bukanlah kupu-kupu.

Cukup dengan kupu-kupu. Apa-apaan dia muncul disini!?

Oke, lanjut. Kenapa gue bilang ‘cupu’ juga banyak yang rancu?

Sebenernya sampe sekarang juga gue belum ngerti, siapa aja yang termasuk ‘cupu’. Atau lebih tepatnya, ‘cupu’ disini dimaksudkan untuk siapa.

Ada beberapa kandidat ‘cupu’ yang gue dapet dari survey;

Cupu 1 : geek aneh dengan dandanan freak, pake suspender, baju dimasukin ke celana, rambut klimis, kacamata tebel, kawat gigi.

Yang dimaksud ‘cupu’ disini adalah pada jamannya, dandanan itu sangat tidak up to date. Yah, walaupun sekarang kawat gigi malah famous lagi. *sigh

Cupu 2 : anak sekolah biasa yang tidak suka bergaul dengan anak-anak yang menonjol.

Nah, ‘cupu’ disini merupakan penilaian objektif. Dan itu sangat tidak adil bagi si anak sekolah biasa. Bagi dia mungkin dia ngga mau bergaul, atau lebih tepatnya ngga percaya diri buat bergaul. Nah, dari sini muncul anggapan bahwa yang ‘kuper’ itu pasti ‘cupu’.

Cupu 3 : anak paling rajin di kelas yang kalo diajak jalan pasti ngehindar.

Yang macem gini nin yang gue ngga ngerti. Kan hak dia mau nerima atau engga ajakan orang, tapi langsung di-judge ‘cupu’ oleh sang pengajak tadi. Mereka berpendapat anak itu terlalu sibuk dengan dirinya sendiri dan ke’cupu’annya.

Cupu 4 : anak yang famous di sekolah, tapi dia ngga punya jejaring sosial.

Ini kasus yang paling rumit yang gue temuin. Pasti dong kalian pernah liat atau mungkin ngerasain jadi ‘cupu’ yang satu itu. nyesek bukan? Kalian udah beken nih di sekolah, niatnya supaya ngga dianggep ‘cupu’. Eeh, malah dikatain ‘cupu’ gara-gara ngga punya twitt*r. Ini kasus yang sangat rumit. Sampe-sampe gue ngga tau harus berkata apa.

Cupu 5 : anak beken yang punya twitt*r tapi takut nyobain ngerokok.

Ini krusial banget kasusnya. Kenapa? Gue sendiri ngga tau. Tapi garis besarnya sih, orang yang ngga berani nentang peraturan itu ‘cupu’. What the hell! Ini lebih ngga adil dari anak sekolah biasa tadi. Bener-bener penghakiman sepihak. Gue bener-bener ngga terima karena gue termasuk ‘cupu’ yang satu ini. Nyiahaha, beercanda deh.

Ada yang nanya, gue termasuk ‘cupu’ yang mana. Oke, gue bakal bocorin ke kalian. Gue termasuk ‘cupu’ sesuai perkiraan gue semula. Pelesetan dari kupu-kupu karena apa yang gue lakukan sejauh ini memang cuma kuliah-pulang.

Kesimpulannya, ‘cupu’ yang dimaksud disini adalah ‘cupu’ yang sesuai dengan anggapan orang sekitar. Virus ‘cupu’ bisa menyerang siapa saja, termasuk gue.

Oke, sekian penjelasan ‘cupu’nya. Semoga kalian mendapatkan lebih banyak info dari para cupuers.

Emangnya maic*h doang yang punya penggemar, ‘cupu’ juga kalee..

Ya udahlah yaa, urusan mereka masing-masing ini.

Hah apa sih?

Ngga ngerti. Pokoknya intinya gue pamit.

Sampai ketemu lain waktu.

Oh iya! WASALAMU’ALAIKUM..

Annyeonghi jumusipsio.. Naeil bopsidaaaa :)

No comments:

Post a Comment

I dare you to write comment. I double dare you!